Home » Militer Indonesia » Fatsoen Diskusi di JakartaGreater

Fatsoen Diskusi di JakartaGreater

Saya yakin kawan kawan yang berada di Forum Jakartagreater ini, sama sama ingin melihat negara kita menjadi tangguh, militer kita yang kuat dan negara yang berkembang dan maju mengejar ketertinggalannya. Saya percaya, hal itu bisa dilakukan jika ada ruang perbedaan. Ruang berbeda pendapat untuk diselami yang memperkaya pemikiran kita.

Manusia memiliki karakter yang berbeda beda. Ada yang sangat optimis, optimis, pesimis, sangat pesimis ataupun apatis. Hal itu akan mempengaruhi cara kita masing-masing, untuk berkomentar. Outputnya, bisa membuat kita tertegun, kaget, tertawa, marah, benci dan sebagainya. Namun dari hal hal yang berbeda itu kita bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas.

Bayangkan kalau setiap hari kita harus mengatakan : Negara kita sangat hebat, tangguh, paling jago, gak ada lawan. Padahal kenyataannya tidak begitu. Lalu apa yang kita dapatkan ?. Bayangkan juga bila setiap hari kita bilang : Negara kita paling buruk, parah, katro, gak maju…lalu apa yang didapat?. Namun, seperti kata Bung Danu, ibarat pendulum, akan ada saja yang ekstrim kanan maupun ekstrim kiri (dari pendulum), namun jumlahnya tidak banyak. Contohnya, mungkin Anda sudah tahu sendiri, ada beberapa nickname seperti itu di JakartaGreater, tanpa harus saya sebutkan namanya. Apakah mereka harus kita larang ?. Tidak. Ruang diskusi harus tetap terbuka, agar diskusi menjadi berwarna dan bermakna.

Untuk itu pendapat orang tidak perlu kita atur. Biarkan saja, masing masing dengan pendapatnya dan jangan memaksakan pendapat Anda harus diterima orang lain. Kalau gak diterima, berarti tidak cinta NKRI :D

Saya tidak akan berpanjang-panjang, karena apa yang saya tulisakan ini, adalah kesadaran umum kita semua.

So, biarlah ruang diskusi di Jakartagreater, tetap terbuka lebar. Saya pun tidak akan atur-atur, memihak ke A atau memihak ke B. Saya independen dan tidak punya kepentingan politis.

Yang tidak ditolerir di JakartaGreater adalah : SARA (Suku, Agama, Ras, Aliran Kepercayaan). Jangan menghina pejabat tinggi dan lambang negara. Jangan mencatut Nick Name orang lain. Sisanya…terserah …bebas.

Salam