Home » Militer Indonesia » Apa yang Terjadi Jika Su-30 Berhadapan dengan F-15 ?

Apa yang Terjadi Jika Su-30 Berhadapan dengan F-15 ?

Departemen Pertahanan China menjelaskan pertemuan jarak dekat antara dua jet tempur Su-30 China dengan dua F-15 Jepang pada 17 Juni lalu.

China mengatakan pesawat tempurnya sedang dalam misi patroli rutin di dalam Zona Identifikasi Pertahanan Udara ketika dua jet tempur Jepang mendekati dengan kecepatan tinggi dan mengunci dengan radar kontrol penembakan pada jet tempur Cina.

Pilot pesawat tempur Cina kemudian melakukan tindakan defensif yang membuat jet tempur Jepang melepaskan flare sebelum melarikan diri.

Penjelasan versi dari Beijing ini mirip dengan apa yang pernah disampaikan Kunio Orita, seorang mantan Komandan Komando Air Support Angkatan Bela Diri Jepang pada 29 Juni.

Pertemuan serupa antara Su-30 dengan F-15 juga pernah terjadi pada awal Oktober 2015. Saat itu enam jet tempur multirole SU – 30SM Rusia mencegat 4 pesawat tempur F-15 Israel yang mencoba menyusup dari laut ke Suriah. F 15 sebelumnya sering terbang di atas wilayah udara Suriah selama berbulan-bulan dan khususnya di atas Latakia.

Jet tempur Israel biasanya melakukan rencana penerbangan yang cukup kompleks dan mendekati Latakia dari laut.

Pada malam 1 – 2 Oktober 2015, enam SU-30 Rusia lepas landas dari pangkalan udara Suriah di Hmimim ke arah Siprus, sebelum mengubah penerbangannya dan mencegat empat jet tempur F-15 Israel di lepas pantai Suriah yang terbang dalam formasi menyerang.

Terkejut dengan situasi tak terduga dan mungkin tidak siap untuk pertempuran udara dengan salah satu jet tempur terbaik Rusia, pilot Israel dengan cepat berbalik ke selatan dengan kecepatan tinggi ke arah Lebanon.