Home » Militer Indonesia » Tim Commodore Inspection Lakukan Peninjauan dan Inspeksi KRI Cakalang-852

Tim Commodore Inspection Lakukan Peninjauan dan Inspeksi KRI Cakalang-852

Tim Commodore Inspection KRI Cakalang-852 melakukan kunjungan ke galangan kapal PT. Caputra Mitra Sejati Banten, pada pekan lalu. Kunjungan itu dilakukan dalam rangka peninjauan dan inspeksi KRI Cakalang-852.

Tim Commodore Inspection KRI Cakalang-852 dipimpin oleh Irops Itjenal Laksamana Pertama (Laksma) TNI Aru Sukmono. Tim itu disambut oleh Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Dadang Somantri dan GM PT. CMS Banten Agus Uni.

Laksma Aru Sukmono menjelaskan bahwa tujuan kunjungan tim yang dipimpinnya adalah untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh perusahaan galangan kapal PT. CMS Banten terkait pesanan kapal patroli dari TNI Angkatan Laut berupa KPC 43 M yaitu KRI Cakalang-852. Tim ingin mengetahui ketangguhan, ketahanan dan kecepatan karena TNI Angkatan Laut baru pertama kali memesan kapal ke PT. CMS Banten.

Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Dadang Somantri menyambut Tim Commodore Inspection KRI Cakalang-852 saat melaksanakan peninjauan dan inspeksi KRI Cakalang-852 di galangan kapal PT. Caputra Mitra Sejati (CMS) Banten. (Dispen Koarmabar)
Dalam uji coba itu, tim melakukan satu kali pelayaran dari dermaga PT. CMS Banten menuju perairan Pulau Tempurung Merak Banten.

Kadispen Koarmabar, Mayor Laut (KH) Budi Amin, menjelaskan bahwa uji coba kemampuan pada Commodore Inspection tersebut meliputi kecepatan balingan kapal, pengecekan pembersih air dirantai jangkar, pengecekan pompa air, pengecekan mesin kapal dan DG emergency serta melaksanakan Crash Stop /maju mundur kapal saat kecepatan penuh.

KRI Cakalang-852 memiliki panjang (Loa) 44,40 meter, lebar (B.Max) 7,40 meter dan tinggi tengah kapal (Dmld) 3,40 meter. Kapal ini memiliki mesin utama 3 x 1800 Hp dengan putaran mesin 2300 rpm, kecepatan maksimum mencapai 24 knot, kecepatan jelajah 17 knot dan daya jangkau 1632 Nm.

Sumber: JPNN