Bantuan Militer Tiongkok Tiba di Afghanistan

Tiongkok telah mengirimkan gelombang pertama bantuan peralatan militer ke Afghanistan, pada hari Minggu (3/7) kemarin. Bantuan itu sebagai komitmen Kepala Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok, Fang Fenghui, untuk tetap memberikan dukungan militer guna memerangi kelompok teroris di negara itu.

Penyerahan peralatan militer yang diangkut menggunakan pesawat kargo Rusia itu diserahterimakan oleh Duta Besar Tiongkok Yao Jing kepada Penasehat Keamanan Nasional Afghanistan Hanif Atmar. Muatan kargo tersebut tampaknya terdiri dari peralatan logistik, komponen kendaraan militer, amunisi dan senjata untuk Pasukan Keamanan dan Pertahanan Nasional Afghanistan (ANDSF).

Pihak berwenang Afghanistan menolak untuk memberikan rincian tentang peralatan militer itu karena alasan keamanan. “Bantuan militer ini hanyalah awal dari perjuangan kita bersama melawan terorisme. Saya menganggap itu satu perubahan besar dalam hubungan Tiongkok dengan Afghanistan, bahwa Tiongkok berdiri dengan orang-orang Afghanistan dalam perang melawan terorisme,” ujar Atmar.

Atmar menjelaskan bahwa pengiriman berikutnya dari Tiongkok akan datang pada akhir tahun ini. Pengiriman itu akan mencakup alat pemindai kepolisian untuk mengidentifikasi bom dan kendaraan improvisasi alat peledak.

Sumber: ibtimes.co.uk