Home » Alutsita Canggih » Su-30MKA dan J-10B untuk Aljazair

Su-30MKA dan J-10B untuk Aljazair

Produsen pesawat Irkut Rusia akan menyelesaikan pengiriman 14 pesawat tempur multirole Su-30MKA ke Aljazair pada tahun 2017.

Angkatan Udara Aljazair selama ini sudah mengoperasikan 44 pesawat tempur Su-30MKA, dengan 14 pesawat tambahan total Aljazair akan diperkuat 55 Su-30MKA yang terbagi dalam 4 skuadron tempur.

Masih belum terkonfirmasi pod penargetan yang akan digunakan Su-30MKA, setelah melepas pod Domacles buatan Thales, ada beberapa alternatif pod penargetan yang bisa dipasangkan. Sebagai perbandingan SU-30MKI India menggunakan pod buatan Israel dan Su-30MKM Malaysia menggunakan pod buatan Perancis.

Setelah kegagalan mengakuisisi jet tempur MiG-29SMT akibat skandal pemalsuan komponennya, Aljazair masih membutuhkan setidaknya 1- 2 skuadron jet tempur.

Ada pilihan pada MiG-35 yang sayangnya masih berupa prototype, atau pesawat tempur produksi Eropa atau AS yang dikhawatirkan Aljazair rawan akan embargo suku cadang maupun persenjataannya.

Alternatif menarik datang dari China yang menawarkan J-10B. Pesawat tempur buatan China tersebut menggunakan mesin yang sama dengan Su-30 yang memudahkan perawatan dan suku cadangnya. J-10B juga dapat menggunakan radar dan persenjataan buatan China atau Rusia, dan yang menarik China bersedia bekerjasama dan membangun jet tempur J-10B di Aljazair.