Home » Alutsita Canggih » Setelah KTT, NATO Bertemu Rusia

Setelah KTT, NATO Bertemu Rusia

Dewan NATO dan Rusia akan menggelar pertemuan membahas pengerahan pasukan ke Eropa timur. Pertemuan akan gelar pekan depan.

Dilansir Russia Today Selasa (5/72016), Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Aleksey Meshkov, menyatakan pengerahan pasukan dalam skala besar yang dilakukan NATO di wilayah Eropa timur akan menjadi pembahasan utama dalam pertemuan tersebut.

Sementara menurut Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, Dewan NATO dan Rusia memiliki peran penting untuk mengurangi ketegangab dengan menggelar dialog.

“NATO akan melakukan pertemuan dengan Rusia dalam sebuah agenda lain, tidak lama setelah KTT di Warsawa,” kata Stoltenberg.

Pertemuan Dewan NATO dan Rusia akan digelar setelah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO di Warasa, Polandia akhir pekan ini.

KTT NATO akan membahas pengerahan pasukan yang terbesar setelah berakhirnya perang dingin tersebut.

Anggota NATO kemungkinan besar akan setuju untuk mengembangkan kehadiran pasukan di tenggara Eropa, berdasarkan brigade multinasional yang berada di Rumania.

“Anggota NATO akan setuju untuk lebih meningkatkan kehadiran militer di bagian timur dari aliansi pada KTT mendatang di Warsawa,” kata Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg, seperti dilansir Russia Today.

Selain itu, KTT juga akan membahas peningkatan anggaran belanja NATO.

Pengerahan pasukan yang dilakukan NATO akhir-akhir ini telah memicu ketegangan dengan Rusia. Negeri Beruang Merah menilai, tindakan tersebut adalah tindakan provokatif.