Enaknya Filipina, Fregat Pesanan Akan Dibayar Setelah Dikirim

Perusahaan pembuat kapal Garden Reach Shipbuilders & Engineers (GRSE) asal India kemungkinan akan kehilangan kontrak senilai US$ 319 juta dengan Angkatan Laut Filipina untuk memasok dua fregat ringan karena gagal tes penilaian kemampuan keuangan setelah memenangkan kontrak.

Laporan dari Filipina menunjukkan penilaian pascakualifikasi menemukan perusahaan GRSE kekurangan keuangan. GRSE sebelumnya muncul sebagai penawar terendah kebutuhan dua fregat ringan untuk Angkatan Laut Filipina setelah mengalahkan perusahaan asal Korea dan Spanyol.

Berbeda dengan sistem pembelian dan pengadaan peralatan pertahanan di India, di mana pihak pemesan membayar dahulu sebelum dilakukan konstruksi pembangunan, sementara Filipina baru melakukan pembayaran setiap kapal selesai dikirimkan.

Setelah GRSE memenangkan tender pengadaan, Angkatan Laut Filipina melakukan penilaian kemampuan perusahaan memenuhi pesanan. Dari segi infrastruktur fisik dan kemampuan, tidak ada masalah yang diketemukan, tapi dari segi keuangan, Perusahaan tidak memiliki dana yang cukup untuk membangun kapal selama beberapa tahun tanpa pembayaran dari Filipina.

Sementara perusahaan GRSE masih berharap memenangkan kontrak – seorang pejabat senior mengatakan keputusan akhir belum diambil dan belum ada pemberitahuan tentang diskualifikasi apapun, laporan dari Filipina menyatakan Angkatan Laut telah memanggil pihak-pihak tertentu terkait masalah tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah India bisa menawarkan bantuan kepada perusahaan GRSE agar memenuhi persyaratan keuangan.

Leave a Reply