Home » Alutsita Canggih » Jet Tempur J-11D, Kelak Bisa Menjadi ‘Pembunuh’ Su-35

Jet Tempur J-11D, Kelak Bisa Menjadi ‘Pembunuh’ Su-35

J-11D adalah pengembangan lebih lanjut dari jet tempur J-11B. Ada beberapa Improved besar yang membedakannya dengan jet tempur J-11B. Beberapa peningkatan tersebut diantaranya.

Frame J-11D menggunakan bahan dari logam komposit dengan lapisan cat penyerap radar yang membuat bobotnya lebih ringan dan lebih stealth.

J-11D memiliki kemampuan untuk menggotong rudal udara ke udara jarak medium PL-10, rudal terbaru jarak jauh beyond visual range air to air missile (BVRAAM) PL-15 dan rudal anti kapal YJ-12. Rudal PL-15 memiliki jangkauan 200 Km dan dilengkapi datalink duplex baru dan new active/passive dual mode seeker yang kebal serangan jammer (ECCM) yang membuatnya menjadi rudal ‘penyengat’ paling mematikan.

J-11D dilengkapi datalink taktis yang membuatnya mampu mengkoordinasikan serangan bersama dengan pesawat peringatan dini, kapal perang dan pesawat tempur lainnya sebagai bagian dari operasi tempur terpadu.

J-11D juga sudah dilengkapi dengan probe pengisisan bahan bakar, juga ada penambahan satu hardpoint untuk cantelan rudal PL-15 hingga total mampu menggotong tiga rudal PL-15 (J-11B hanya dua rudal PL-15) yang membuatnya memiliki jangkauan tempur lebih jauh dengan persenjataan yang lebih besar.

Pada radar, J-11D mengintegrasian radar modern baru Active Elektronik Scanned Array (AESA), dibandingkan dengan Su-35 yang masih menggunakan radar lawas PESA. Radar AESA memiliki kemampuan pindai dengan resolusi lebih tajam dan lebih silent. AESA juga lebih kebal dari serangan jammer elektronik musuh.

Dengan segala kelebihannya, J-11D bukan hanya lebih tangguh daripada J-11B bahkan sedikit lebih baik dari Su-35 buatan Rusia.