Home » Alutsita Canggih » Parlemen AS Larang Boeing Jual Pesawat ke Iran

Parlemen AS Larang Boeing Jual Pesawat ke Iran

Parlemen Amerika mengeluarkan dua amandemen untuk produsen pesawat Boeing. Inti dari amandemen itu adalah melarang pihak Boeing untuk menjual pesawat komersil kepada Iran.

Amandemen tersebut dikeluarkan setelah Parlemen AS menganggap Iran sebagai negara pemasok teroris terbesar di dunia. Salah seorang anggota parlemen dari Partai Republik, Peter Roskam mengatakan, pesawat-pesawat jet buatan boeing tersebut akan digunakan untuk kepentingan militer Iran.

“Menjual pesawat-pesawat jenis ini kepada rezim Iran, yang merupakan negara sponsor teroris terbesar di dunia, berarti memberi mereka pesawat terbang yang bisa digunakan untuk maksud-maksud militer,” kata Roskam, Kamis (7/7/2016).

Dia menambahkan, jika Iran membeli pesawat buatan Boeing maka pesawat itu akan dirubah supaya bisa mengangkut 100 peluru kendali balistik, atau 15,000 granat berpeluncur roket. Sementara, Pemerintah Iran belum mengeluarkan pernyataan terkait amandemen ini.

Sebelumnya, pihak Boeing telah menawarkan tiga pesawat terbaru mereka kepada Iran untuk menggantikan pesawat yang sudah tua.