China Takut Takuti Filipina dengan Latihan Militer. Siapa Berikutnya ?

Kementerian Pertahanan China mengumumkan, Angkatan Laut China (PLAN) sedang melakukan latihan perang dekat pulau Hainan dan pulau-pulau Paracel di Laut China Selatan yang sebagian laut itu diklaim Filipina sebagai ZEE mereka.

Kementerian Pertahanan China mengatakan, sejumlah kapal perang dari armada utara, timur, dan selatan ikut berpartisipasi dalam latihan perang yang difokuskan pada kontrol udara, operasi permukaan, dan juga peperangan anti kapal selam.

Angkatan laut China, Jumat, 08/07/2016 melakukan “latihan tempur” dengan “rudal hidup” antara Paracel dan pulau Hainan, China Selatan, PLA Daily, surat kabar resmi militer China.

Televisi negara China, CCTV menyiarkan gambar pesawat tempur dan kapal perang menembakkan rudal, helikopter lepas landas dan kapal selam muncul ke permukaan.

Latihan Perang China di Laut China Selatan, dekat Filipina

Latihan perang China ini dilakukan jelang putusan Pengadilan Arbitrase Internasional terkait sengketa di Laut China Selatan yang diajukan Filipina, ke peradilan di Den Haag, Belanda. China berulang kali mengatakan mereka tidak akan mengakui putusan pengadilan Arbitrase tersebut.

“China menganut penyelesaian sengketa melalui negosiasi dan konsultasi dengan negara-negara yang bersangkutan secara langsung. Sikap ini selalu menjadi kebijakan China dan itu tidak akan berubah,” ujar media China, Xinhua, Sabtu (9/7/2016).

China mengklaim secara sepihak hampir semua wilayah Laut China Selatan. Namun klaim tersebut mendapat tentangan dari sejumlah negara Asia termasuk: Filipina, Vietnam, Brunei, Malaysia dan Taiwan.

AFP