Home » Alutsita Canggih » Final Piala Eropa 2016 Ricuh

Final Piala Eropa 2016 Ricuh

Final Piala Eropa 2016 yang digelar di Stade de France, Minggu (10/7/2016) diwarnai kericuhan. Jelang pertandingan final antara Portugal dan tuan rumah Prancis yang dimenangkan oleh Portugal dengan skor 1-0, kerumunan penggemar bola terlibat bentrok. Mereka melempari polisi dengan botol kaca dalam bentrokan di dekat Menara Eiffel. Tidak hanya itu, gerombolan tersebut sengaja membakar benda di trotoar jalanan, kemudian melemparkan benda-benda lainnya ke arah polisi yang membentuk barisan barikade.

Berdasarkan keterangan kepolisian Paris, insiden terjadi saat kerumunan penggemar bola berkumpul di bawah Menara Eiffel sebelum dan setelah pertandingan. Penggemar bola yang terlibat bentrok ini merupakan orang-orang yang tidak mendapat akses masuk ke fan zone, yang hanya berkapasitas 90 ribu penonton.

Sekitar 40 orang ditangkap di dalam kerusuhan tersebut. Mereka yang ditangkap kebanyakan karena melanggar ketertiban umum. Polisi terpaksa menggunakan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan massa. Meriam air juga digunakan untuk memadamkan api yang membara di jalanan.

Akibat bentrokan ini, jalanan dipenuhi pagar yang rusak dan pecahan kaca, serta berbagai sampah. Petugas pemadam setempat pun dikerahkan untuk memadamkan api yang berukuran lebih besar di sejumlah ruas jalan di Paris, termasuk api yang membakar satu unit mobil.

Sebelumnya, bentrokan serupa sempat terjadi antara supporter Inggris dan supporter Rusia pada pembukaan Piala Eropa 2016.