Home » Militer Indonesia » Filipina Coba Hancurkan Abu Sayyaf, 40 Militan Tewas

Filipina Coba Hancurkan Abu Sayyaf, 40 Militan Tewas

Manila – Tentara Filipina menewaskan sekira 40 militan Abu Sayyaf dalam operasi di wilayah selatan pada akhir pekan lalu. Militer Filipina mengungkapkan operasi ini dilakukan untuk meningkatkan pemberantasan salah satu kelompok teroris paling berbahaya di Asia.

Operasi yang berlangsung di Kepulauan Basilan dan Sulu itu menewaskan seorang tentara Filipina Selain menewaskan 40 orang militan, serangan juga melukai sekira 20 anggota kelompok Abu Sayyaf lainnya.

“Pertempuran masih berlangsung melibatkan kendaraan lapis baja, tembakan artileri, dan dukungan serangan udara,” ujar Juru Bicara Komando Militer di Mindanao Barat, Filemon Tan, Selasa (12/7/2016).

Kelompok Abu Sayyaf dalam beberapa bulan terakhir terus melancarkan teror dengan menyandera sejumlah warga negara asing. Abu Sayyaf saat ini diperkirakan menyandera sedikitnya 14 orang yang terdiri dari satu warga Belanda, satu Norwegia, lima warga Filipina, dan tujuh warga negara Indonesia.

Sejumlah pengamat menilai operasi kelompok pemberontak akhir-akhir ini lebih bermotif uang daripada teror atas nama agama. Mereka menggunakan uang tebusan dari para sandera untuk membeli : senapan, peluncur roket, kapal cepat, dan peralatan navigasi canggih untuk menjalankan aksi.

Pemerintahan Presiden Rodrigo Duterte yang menjabat 30 Juni 2016 mewarisi tekanan dari berbagai pihak untuk memberantas pemberontak Abu Sayyaf. Menteri Pertahanan Filipina yang baru menyatakan, membunuh seluruh militan Abu Sayyaf adalah prioritas keamanan utama, mengalahkan sengketa Laut China Selatan (LCS) dalam hal alokasi anggaran pertahanan.

Sumber : Okezone.com