Home » Alutsita Canggih » Korut Akan Uji Coba Nuklir Kelima ?

Korut Akan Uji Coba Nuklir Kelima ?

Situs uji coba nuklir milik Korea Utara menunjukkan aktivitas yang cukup tinggi. North 38 sebagai situs pemantau Korut melaporkan gambar satelit terbaru terkait aktivitas uji coba nuklir Korut. Namun, belum bisa dipastikan apakah peningkatan aktivitas tersebut terkait pemeliharaan atau Korut sedang mempersiapkan uji coba nuklir mereka yang kelima.

“Jelas bahwa Korut tengah memastikan bahwa fasilitas ini dalam keadaan siap yang akan memungkinkan pelaksanaan tes nuklir di masa depan, harus sesuai dengan perintah dari Pyongyang,” tulis situs tersebut seperti dikutip dari Reuters, Selasa (12/7/2016).

Dalam situs North 38 terlihat gambar citra satelit komersil yang diambil pada 7 juli lalu dari lokasi uji coba nuklir Korut, di Punggye-ri.

“Sangat mungkin mereka terlibat dalam pemeliharaan atau bepergian ke dan dari fasilitas uji coba,” seperti tertulis dalam laporan.

Dugaan bahwa Korut akan melakukan uji coba nuklir untuk yang kelima kali mucul setelah Amerika menjatuhkan sanksi terhadap 10 orang pejabat di negara itu dan Kim Jong Un. Korut langsung merespon sanksi tersebut dengan menyatakan deklarasi perang terbuka terhadap AS.