Home » Alutsita Canggih » Kapal Militer Iran Awasi Kapal Perang Amerika Serikat di Selat Hormuz

Kapal Militer Iran Awasi Kapal Perang Amerika Serikat di Selat Hormuz

Korps Garda Revolusi Iran mengirimkan lima kapal militer untuk mengawasi kapal perang Amerika Serikat yang sedang melintasi Selat Hormuz pada hari Senin (11/7). Kapal Iran mengambil jarak sekitar 500 meter dari kapal perang Amerika Serikat itu.

Kelima kapal militer Iran yang dikirim itu terdiri dari empat kapal cepat, tiga diantaranya dilengkapi senapan mesin, dan satu kapal patroli yang dilengkapi dengan rudal.

Pengawas pasukan militer Amerika Serikat di Timur Tengah, Jenderal Joseph Votel, menjelaskan bahwa pendekatan yang dilakukan oleh Iran masih dalam kategori aman. “Seperti yang Anda lihat, dalam ruang yang relatif terkompresi di sini, ada kesempatan besar untuk terjadinya salah perhitungan,” kata Votel di atas kapal USS New Orleans yang sempat didekati oleh salah satu kapal militer Iran seperti dikutip dari Reuters, Selasa (12/7).

Para pejabat Amerika Serikat menekankan bahwa pendekatan tersebut masih dalam kategori interaksi internasional. Menurut mereka, hanya sekitar 10 persen pendekatan terhadap Angkatan Laut Amerika Serikat yang transit melalui Selat Hormuz dikategorikan berbahaya, tidak normal, atau tidak profesional.

Iran telah menganggap wilayah Teluk sebagai halaman belakang dan mereka percaya memiliki kepentingan sah dalam memperluas pengaruhnya di sana. Teheran akan mengamankan sendiri wilayah itu tanpa mengharapkan kekuatan dari luar.

Sumber: Sindo News