Satgas Maritim Konga XXVIII-I/UNIFIL 2016 Laksanakan Sea Phase di Laut Jawa

TNI Angkatan Laut mengirimkan dua KRI untuk mengikuti latihan Sea Phase Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/UNIFIL 2016 pada tanggal 11—12 Juli 2016. Dua KRI yang dikirim dalam latihan itu adalah KRI John Lie–358 dan KRI Sultan Iskandar Muda–367. Latihan itu juga melibatkan helikopter BO 105 dari Puspenerbal.

Beberapa materi yang dilakukan pada hari pertama latihan diantaranya adalah Mio and Boarding Party, Tactical Manouvering antar unsur, latihan Damage Control, MIO COMMANDER and SITREP, Hailing 2, NSIC/PUBEX, Securing Gunnery Area, Prep Gunnex, dan Gunnery Exercise.

Pada hari berikutnya, setelah pelaksanaan GUNNEX, kedua unsur KRI melaksanakan Mail Bag Transfer. Dalam latihan itu disimulasikan KRI John Lie menerima perbekalan melalui light jackstay dari haluan lambung kanan KRI Sultan Iskandar Muda. Kemudian, unsur unsur latihan Sea Phase melaksanakan Channel Transit/Helly’s Pattern dan latihan Entry Harbour.

Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP), Brigjen TNI A.M. Putranto, mengatakan bahwa Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/UNIFIL telah menunjukkan semangat, keberanian dan profesionalisme sebagai prajurit matra laut dan sebagai prajurit Maritime Task Force (MTF) UNIFIL.

“Selamat dan terus tingkatkan profesionalisme, tunjukkan bahwa TNI Angkatan Laut disegani oleh negara lain” ujar Brigjen Putranto di depan para prajurit MTF UNIFIL 2016 di geladak Heli KRI John Lie.

Sebelum meninggalkan KRI John Lie, Komandan PMPP menyerahkan pin NKRI dan buku karangannya sendiri kepada Komandan Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/UNIFIL 2016, Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo. “Jaga NKRI dimanapun kalian berada”, tegas Brigjen Putranto.

Sumber: JPNN