Home » Alutsita Canggih » Kapal Selam Inggris dan Portugal Pernah Terjaring Kapal Nelayan

Kapal Selam Inggris dan Portugal Pernah Terjaring Kapal Nelayan

Kapal nelayan Perancis berhasil mendapatkan hasil tangkapan terbesar yang tak pernah terbayangkan sebelumnya, yakni sebuah kapal selam! Kapal selam dari Type 214 milik Angkatan Laut Portugal terjerat jaring pukat nalayan di lepas pantai Inggris saat ikut ambi bagian dalam sebuah misi pelatihan.

Kapal selam tersebut berenang terlalu dekat dengan perahu nelayan sekitar 34 mil (55 km) tenggara Lizard Point Cornwall. Kapal pukat Daytona yang sedang memancing di daerah tersebut juga tidak menyadari ada kapal selam yang dilengkapi dengan delapan torpedo dan empat rudal berada tepat dibawah kapal mereka.

Kapal selam Tridente class yang beratnya lebih dari 2.000 ton, terjebak dalam jaring dan menyeret kapal nelayan saat mencoba muncul ke permukaan.

Tidak ada nelayan atau awak kapal selam yang terluka akibat insiden tersebut, juga tidak ada kerusakan pada kapal selam maupun pada kapal nelayan, tapi dibutuhkan waktu hampir dua jam untuk melepaskan jaring yang menjerat kapal selam.

Insiden ini merupakan ketiga kalinya yang terjadi di perairand dekat Inggris, dua kejadian serupa terjadi tahun lalu yang membuat kerusakan dan kehancuran kapal nelayan.

Pada bulan Maret 2015, seorang kapten kapal pukat mengaku kapalnya hampir terseret sebuah kapal selam Rusia saat memancing di lepas pantai Skotlandia. Kapal selam yang terperangkap jaring berusaha untuk membebaskan diri dengan menarik kapal nelayan seberat dua ton itu ke dalam laut.

Sebulan kemudian, kapal lain juga mengalami kerusakan parah di lepas pantai Irlandia Utara. Awalnya Rusia disalahkan atas insiden tersebut, namun pada bulan September Angkatan Laut Kerajaan Inggris mengaku bertanggung jawab.

Lebih sepuluh tahun lalu kejadian tragis menimpa kapal nelayan Perancis yang tenggelam akibat terseret benda misterius yang diduga sebuah kapal selam. Lima awak kapal nelayan Bugaled Breizh tenggelam dan tewas ketika kapalnya terbalik dan tenggelam 14 mil (23 kilometer) dari Lizard Peninsula di Cornwall pada tanggal 15 Januari 2004.

Angkatan Laut Inggris membantah tuduhan salah satu kapal selam nuklirnya terlibat kecelakaan yang menenggelamkan kapal nelayan Perancis tahun 2004. Namun sebuah film dokumenter TV Perancis telah menayangkan kapal selam nuklir Inggris HMS Turbulent bertabrakan dengan kapal nelayan Perancis yang membuatnya tenggelam.

DailyNews