Home » Alutsita Canggih » Teror Perayaan Bastille Day Prancis

Teror Perayaan Bastille Day Prancis

Perayaan pesta kembang api Bastille Day di Kamis malam waktu setempat (14/7/2016) di Nice, Prancis diwarnai insiden berdarah. Satu unit truk pengangkut barang menyeruduk kerumunan orang yang tengah merayakan Bastille Day. Akibat insiden tersebut, sedikitnya 80 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka.

Berdasarkan keterangan seorang jaksa di Nice, sang sopir menabrakkan truk yang dikendarai dengan kecepatan tinggi ke arah kerumunan orang sejauh 2 kilometer. Orang yang ada di sana pun terlempar. Sopir truk tersebut pun langsung ditembak mati aparat kepolisian.

Wali Kota Nice Christian Estrosi menyatakan sopir truk tronton itu terlihat sangat ingin membunuh puluhan orang yang ada di sana. Insiden tersebut membuat Presiden Prancis, Francois Hollande, langsung kembali ke Paris dari kunjungan pribadinya ke Avignon, Prancis tenggara, untuk memberi keterangan resmi atas tragedi tersebut.

Sopir truk diketahui merupakan pria Tunisia berusia sekitar 31 tahun. Di dalam truk yang dikendarainya, ditemukan pula senjata dan granat seberat 25 ton.

Sejauh ini, berdasarkan keterangan dari KJRI Marseille setelah melakukan koordinasi dengan otoritas setempat dan WNI yang tinggal di Nice, belum ada laporan WNI menjadi korban insiden tersebut.