Home » Alutsita Canggih » Saksi Serangan Bastille Day: Menyelamatkan Diri Berjalan di Atas Mayat

Saksi Serangan Bastille Day: Menyelamatkan Diri Berjalan di Atas Mayat

Serangan berdarah perayaan Bastile Day,  di Nice, Prancis, menyisakan cerita kepanikan masyarakat di sana.

Bahkan Sejumlah saksi mengatakan, banyak orang yang panik berlari di atas mayat-mayat korban serangan.
 
“Ini kepanikan total. Kami melihat sebuah truk putih melaju langsung ke orang-orang di Promenade des Anglais. Seorang pria bersenjata menembak kerumunan sebelum ditembak oleh polisi. Mungkin mereka tewas, saya tidak yakin,” kata seorang saksi kepada BFM TV, Jumat (15/7/2016).

Menurut seorang saksi, Colin Srivastava mengatakan beberapa ratus orang berjalan dan berlarian ke arahnya dengan panik.
 
”Kami mencoba untuk bertanya kepada beberapa dari mereka apa yang sedang terjadi dan akhirnya ada satu yang mengatakan, ‘Anda harus pergi, polisi telah mengatakan kepada kami untuk lari,” terang Colin.
 
Seorang wisatawan wanita asal Inggris menceritakan kekacauan dan kebingungan dari orang-orang di sekitar lokasi dengan menggunakan bahasa Prancis.
 
”Beberapa orang tergeletak di jalan-jalan telah tewas dan orang-orang berlari di atas mayat,” kata wanita yang mengaku sedang berjalan ke balkon ketika truk melaju kencang itu.
 
Saksi lainnya bernama Antoine mengatakan pesta kembang api baru saja selesai dan truk putih berkecepatan 60-70 kilometer per jam menabrak kerumunan massa. “ada kerumunan orang berbaris hampir 200 meter di sepanjang jalan, dan truk langsung menabrak dari satu ujung ke ujung lainnya” kata Antoine.

Peristiwa berdarah tersebut terjadi saat perayaan pesta kembang api Bastille Day Kamis malam waktu setempat (14/7/2016) di Nice, Prancis. Satu unit truk pengangkut barang menyeruduk kerumunan orang yang tengah merayakan Bastille Day. Akibat insiden tersebut, sedikitnya dilaporkan 80 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka.