Jul 152016
 

meskipun dalam situasi memanas pasca kalahnya Tiongkok dalam putusan arbitrase, dimana Tiongkok tidak berhak mengklaim wilayah Laut Tiongkok Selatan sebagai wilayahnya. namun disaat situasi tersebut Tiongkok kemungkinan akan membangun fasilitas pembangkit listrik tenaga nuklir di Laut China Selatan. Hal ini dilaporkan oleh media pemerintah selang beberapa hari setelah pengadilan internasional menolak klaim China di laut sengketa itu.

“Pembangunan pondasi kekuatan nuklir Laut akan digunakan dalam mendukung kendali yang efektif China di Laut China Selatan,” tulis media Global Times yang mengutip pernyataan Perusahaan Nuklir Nasional China, CNNC, di sosial media WeChat.

Global Times melaporkan, pembangunan fasilitas nuklir akan dilakukan di kepulauan dan terumbu karang Spratly yang diperebutkan oleh beberapa negara Asia Tenggara.

“Di masa lalu, pembagian air tawar ke tentara yang bermarkas di Laut China Selatan tidak terjamin, dan hanya bisa diantarkan dengan kapal yang membawa air,” tulis Global Times mengutip CNNC.

“Di masa depan, saat sistem tenaga dan listrik Laut China Selatan telah kuat, China akan mempercepat pembangunan komersial di wilayah Laut China Selatan,” lanjut tulisan tersebut.

China dalam beberapa bulan terakhir memang menggencarkan pembangunan di Laut China Selatan, termasuk melakukan reklamasi daratan, serta membangun fasilitas militer dan sipil, memicu ketegangan di kawasan.

Pengadilan Arbitrase Permanen di Den Haag, Belanda, menyatakan klaim China atas Laut China Selatan tidak sah dan tidak berdasar, sehingga pemerintah Beijing tidak berhak berada di perairan tersebut.

Selain itu, laporan arbitrase menyebutkan aktivitas China di perairan yang diyakini kaya gas dan minyak itu telah merusak ekosistem terumbu karang dan mengancam keberadaan satwa laut langka.

China menegaskan akan mengabaikan keputusan arbitrase itu yang menurut mereka tidak mengikat.

Sementara itu, situs berita yang disokong Beijing, The Paper, mengutip ahli dari Perusahaan Industri Galangan Kapal China, CSIC, Zhu Hanchao, yang mengatakan China tengah mengembangkan 20 pondasi nuklir laut.

Namun Zhu mengatakan, pondasi itu akan ditempatkan di kilang minyak lepas pantai di Laut Bohai, timur laut China, bukan di Laut China Selatan.

China telah menggunakan tenaga nuklir untuk memberi daya pada kapal selam dan kapal induk. Saat ini proyek nuklir untuk kebutuhan sipil tengah digarap bekerja sama dengan Rusia.

Berbagi

  21 Responses to “Gejolak Politik di LCS memanas, Tiongkok akan tetap membangun kawasan nuklir”

  1.  

    bkin rame

    •  

      kalo udah gini. negara asean mau tidak mau harus punya senjata nuklir juga ni. wah wah wah..

    •  

      Ledakan bom di darat aja dasyat, apalagi meledaknye dilaut, bisa irit bom nuklir ledakin sekali jadi gelombang tsunami negara yg bersengketa abis kegulung air laut, korban lebih banyak…hahahaha ups…!!

    •  

      China telah menjelma bagai anak nakal yang selalu merebut mainan temannya. Sebagai peredam dan pemberi pelajaran pada kenakalannya lebih baiknya dikeroYok oleh oleh sejumlAh negara. Sehingga china tdk lagi merasa sok jago dan menentang hukum internasional yg telah disepakati bersama. Jadi peran PBB dan USA, Rusia sangat diperlukan sbg pelaksana hukum internasional.

  2.  

    wah…..lngsung pertmax….

  3.  

    Cina memang bebal

  4.  

    jadi mangkin sulit menyebutkan LCS wilayah bebas nuklir…,

  5.  

    yakin tu nuklir untuk kegunaan sipil….

  6.  

    BUKAN BERTINGKAH DEK…SESUAI DENGAN FALSAFAH MEREKA NAGA BIRU…MBAH SEBAGAI KAUM SEPUH HANYA MENGINGATKAN …MAIN CANTIK SEPERTI RADEN WIJAYA BIARKAN DIA LELAH BARU MONGGO SELANJUTNYA TERSERAH ADEK2…

  7.  

    yang di herankan Tiongkok mau membuat PLTN di pulau buatan tersebut untuk apa????toh di situ tdk ada masyarakat yang menghuninya kecuali tentara yg menjaga pangkalan.

    apakah tujuan nya untuk membuat takut negara2 yang bersengketa ketika terjadi pecah perang,secara vietnam,philipina,malaysia,indonesia,dll akan berfikir ulang ketika akan menggempur pangkalan tersebut karena ketika pltn terkena imbas serangan pasti akan melepaskan radiasi yang dapat menyebar ke negara asean

  8.  

    Negara yg bersengketa segera kirim kaprang dan pespur ,, hentikan dgn paksa
    Sayangnya malay pinoy dan jg vietnam jd penakut
    Langsung serang ,, cina pasti kalah

  9.  

    semakin susah kalau semua sudah jadi…
    tetangganya bisa apa ya

  10.  

    Indonesia harus ada di posisi netral dan harus memperhitunghan ke mungkinan terburuk menurutku… Pepatah WARKOP bilang…maju kenak mundur kenak.. Biar tidak di salahkan sebaiknya harus hati2…

    Minum kopi dulu campur sianida biar pikiran damai selalu….

  11.  

    BEIJING – Setelah mahkamah arbitrase internasional di Den Haag memenangkan gugatan Filipina, China tidak tinggal diam dan terus mencari dukungan internasional untuk memperkuat klaim mereka atas kepemilikan Laut China Selatan (LCS).

    Pemerintah China baru-baru dikabarkan telah berjanji untuk mengucurkan dana mencapai USD600 juta atau setara Rp7.8 trilun agar Kamboja terus mendukung mereka dalam persoalan internasional termasuk dalam sengketa LCS.

    Bantuan itu akan digunakan Kamboja untuk mengembangkan pendidikan, menambah infrastruktur kesehatan dan memperkuat proses demokrasi.

    Berdasarkan informasi dari Perdana Menteri (PM) Kamboja, Hun Sen bantuan itu telah disepakati oleh kedua negara setelah ia berbicara langsung dengan PM China, Li Keqiang dalam acara pertemuan Asia-Eropa di Mongolia. Demikian sebagaimana dilansir Asian Correspondent, Sabtu (16/7/2016).

    Selama ini, China memang diketahui sebagai sekutu utama dan partner ekonomi Kamboja.

    Negeri Tirai Bambu itu diketahui telah memberikan bantuan senilai jutaan dolar dan melakukan investasi dalam beberapa tahun terakhir.Bahkan, China rela menghapus hutang Kamboja dalam jumlah fantastis.

    Sebagai imbalan, Kamboja diharuskan mendukung China dalam berbagai forum internasional, termasuk sengketa dengan sejumlah Negara Asia Tenggara terkait LCS.

  12.  

    di embargo tuh mestinya dasar pengecut jg nih nato!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    cina tau amerika punya investasi besar di cina, makanya cina berani gertak tinggal amerikanya aja nih berani gak ikut lumpuh perekonomiannya.

    ya kalo iran memang efeknya gk ada makanya ameria berani embargo

  13.  

    Tes te woter

  14.  

    Sekalian luconia shoal direklamasi dijadikan basis pertahanan militer china bagian selatan. Saya sokong.

 Leave a Reply