Sukhoi PAK FA Uji Coba Elemen Pesawat Tempur Generasi ke-6 Rusia

Awal Maret lalu Rusia mulai meancang pesawat tempur generasi ke-6. Rencananya pesawat tempur ini akan dibagi dalam dua versi yaitu versi yang berawak dan tanpa awak. Saat ini Rusia sedang melakukan uji coba beberapa elemen pesawat tempur generasi ke-6 yang dipasang ke pesawat tempur generasi ke-5, Sukhoi PAK FA (Prospective Airborne Complex of Frontline Aviation/Kompleks Pesawat Prospektif Aviasi Garis Depan).

Berbicara sistem persenjataan, Rusia menggandeng KRET yang merupakan anak perusahaan Rostech untuk mengembangkan sistem senjata elektronik yang akan digunakan pada pesawat tersebut.

Direktur Jenderal I Perusahaan Teknologi Radio-Elektronik (KRET) Vladimir Mikheyevof pada TASS mengatakan, sistem persenjataan elektronik ini juga berfungsi sebagai radar, sistem transmisi data, serta perangkat komunikasi. “Sistem radar PAK FA akan beroperasi sebagai pelacak dan sistem pengintai sekaligus, sementara sistem senjata elektronik akan mendeteksi radio dan lokasi. Ini menunjukkan integrasi dan redistribusi fungsi PAK FA telah berlangsung,” ujarnya.

Jet tempur PAK FA merupakan jet siluman pertama milik rusia yang berkursi tunggal dengan mesin ganda. Pesawat ini sangat multifungsi dan memiliki keunggulan dalam melakukan serangan.