Home » Alutsita Canggih » Antara SPEAR dan Small Diameter Bomb 2, Mana yang Terbaik?

Antara SPEAR dan Small Diameter Bomb 2, Mana yang Terbaik?

Raytheon Missiles Systems mencoba meyakinkan pihak Inggris untuk membeli senjata Small Diameter Bomb II untuk melengkapi pesawat tempur siluman F-35 yang segera memperkuat Inggris. Departemen Pertahanan Inggris sebelumnya telah menjatuhkan pilihan pada rudal jelajah mini SPEAR buatan MBDA.

Meski kalah dari segi jangkauan, Small Diameter Bomb II (64 km) dibandingkan SPEAR (100km), Raytheon mengungkapkan Small Diameter Bomb II lebih teruji dan saat ini sudah melengkapi armada F-35 Angkatan Laut dan Marinir AS. Small Diameter Bomb II juga lebih murah dan hampir 90 persen serangan udara AS menggunakan senjata SDB II.

Sebelumnya pada bulan Maret 2016, SPEAR sudah melakukan uji peluncuran dari jet tempur Typhoon di Wales.

Dengan tenaga turbojet dan kemampuan dual-mode, SPEAR memiliki jangkauan serang hingga 100 km, yang memungkinkan pilot Inggris menyerang targetnya sebanyak mungkin dengan rudak SPEAR dari jarak yang aman. SPEAR memiliki kemampuan serang jarak jauh secara presisi terhadap sasaran yang bergerak, seperti kendaraan lapis baja, sistem pertahanan udara. SPEAR juga memiliki kemampuan serang maritim.

Sementara itu Small Diameter Bomb II memiliki tiga mode sistem pelacak yang berbeda untuk memberikan kemampuan serang secara maksimal, radar gelombang milimeter untuk mendeteksi dan melacak target disegala cuaca, pencitraan inframerah dan laser semi-aktif yang memungkinkan senjata untuk melacak target dari penanda laser yang diberikan tim darat.

Sistem integrated seeker yang berbagi informasi penargetan dalam tiga mode, memungkinkan senjata untuk menyerang target tetap atau bergerak di segala kondisi cuaca. Tri-mode seeker juga dapat melihat sasaran meski terhalang debu dan puing-puing, memberikan pesawat tempur kemampuan serang maksimal tanpa terpengaruh kondisi di darat atau udara.