Home » Alutsita Canggih » Mantan Petinggi Militer Turki Dituding Dalang Upaya Kudeta

Mantan Petinggi Militer Turki Dituding Dalang Upaya Kudeta

Ibukota Turki, Ankara, menjadi medan perang setelah adanya upaya kudeta militer untuk menggulingkan pemerintahan Turki dibawah pimpinan Tayyip Erdogan. Kekuatan militer dikerahkan ke pusat kota.

Dilansir dari Reuters Sabtu (16/7/2016), helikopter militer terlihat berlalu-lalang di langit Ankara, dan sesekali melepaskan tembakan peringatan. Selain itu, kendaran militer lain seperti tank turut berseliweran di jalanan Ankara.

Upaya kudeta dilakukan sebagian anggota Militer Turki yang menentang pemerintahan Erdogan karena dianggap sudah tidak demokratis.

Upaya kudeta tidak bertahan lama setelah berhasil dipukul mundur pasukan Turki yang setia kepada Erdogan. Sebelumnya, pasukan pemberontak sudah menguasai dua stasiun televisi pemerintah.

Militer yang dipimpin oleh Kolonel Muharrem Kose, disebut-sebut sebagai sosok dibalik upaya kudeta.
 
Kose adalah mantan petinggi militer Turki yang dipecat pada bulan Maret lalu.

Pemerintah Erdogan memecat Kose karena dituding memiliki hubungan dengan tokoh anti-pemerintah yang saat ini berada di Amerika Serikat (AS), Fethullah Gulen.
 
Setelah dipecat, Kose kemudian mengumumkan pembentukan Dewan Perdamaian, yang disebutnya pemerintah sementara untuk memulihkan demokrasi dan hak asasi manusia di Turki. Namun langkahnya mulai dilucuti oleh pemerintah Turki dibawah pimpinan Tayyip Erdogan.
 
Kose diduga sakit hati dan mulai mengumpulkan personel yang setia kepadanya dan diakhiri dengan aksi upaya kudeta jumat malam kemarin waktu setempat.

Belum diketahui nasib dari Muharrem Kose saat ini setelah upaya kudeta berhasil digagalkan.