Turki Ancam AS Serahkan “Dalang” Kudeta

Pemerintah Turki sangat yakin Fethullah Gulen yang kini tinggal di Amerika Serikat (AS) adalah dalang dibalik upaya kudeta yang dilakukan militer Turki.

Turki bersikap tegas dengan mengancam akan berperang dengan AS jika tidak mengekstradisi Gulen.

Dikutip dari Daily Express Sabtu (16/07/2016), Perdana Menteri  Binali Yildirim, telah menegaskan bahwa Turki menganggap negaranya berperang dengan negara yang melindungi ulama Fethullah Gulen.

“Setiap negara yang melindungi Fethullah Gulen akan menjadi musuh bagi Turki,” kata Yildirin

Pernyataan Yildirim sekaligus sebagai ancaman terselubung bagi AS untuk menyerahkan Gulen.

Sementara mendapat ancaman dari Turki, AS mengundang Turki untuk berbagi bukti-bukti yang dimiliki terkait tudingan terhadap Gulen.

Seperti dilaporkan Agence France-Presse (AFP), Menteri Luar Negeri AS John Kerry, Sabtu (16/7/2016), mengatakan, AS akan membantu Turki menyelidiki upaya kudeta yang akhirnya gagal tersebut.

Gulen adalah seorang ulama pendiri gerakan Islam moderat yang selalu kritis terhadap pemerintah Turki yang dinilainya cenderung memerintah dengan tangan besi.

Gulen kini mengasingkan diri ke AS sebelum dijatuhi hukuman karena dituduh mengkhianati Turki. Dahulu Gulen  adalah sekutu dekat Erdogan, tetapi keduanya berseberangan pandangan dalam beberapa tahun terakhir dengan Erdogan.

Sumber tribunnews.com

Tinggalkan komentar