Home » Militer Indonesia » Pemerintah Turki Tutup Pangkalan Udara yang Digunakan Militer Amerika Serikat

Pemerintah Turki Tutup Pangkalan Udara yang Digunakan Militer Amerika Serikat

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dilaporkan telah mengeluarkan perintah untuk menutup sementara wilayah udara di sekitar pangkalan udara Incirlik. Suplai listrik ke instalasi militer itu juga telah diputus.

Pangkalan Udara Incirlik di Adana digunakan militer Amerika Serikat untuk melancarkan serangan ke kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Dikutip dari CNN pada Sabtu (16/7), sumber dari militer Amerika Serikat mengatakan bahwa penutupan bandara itu telah mengakibatkan tertundanya misi Angkatan Udara melawan ISIS dari lokasi itu.

Pemerintah Turki menjelaskan kepada pihak Amerika Serikat bahwa penutupan dilakukan sampai mereka memastikan semua elemen di Angkatan Udara Turki merupakan pro-pemerintah.

Akan tetapi, sejumlah pesawat Amerika Serikat yang tengah menjalankan misi masih diizinkan mendarat di Incirlik.

Selain markas Angkatan Udara Turki, Incrilik juga digunakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat. Tercatat 1.500 personel militer dan pegawai sipil Amerika Serikat ditempatkan di pangkalan itu.

Pentagon sudah mengambil langkah-langkah untuk memastikan keamanan dan keselamatan semua personel dan fasilitas Amerika Serikat di Incirlik. Belum bisa dipastikan hingga kapan penutupan berlangsung.

Sumber: republika.co.id dan JPNN