Home » Alutsita Canggih » Kelak F-16 India Yang Paling Canggih Di Dunia

Kelak F-16 India Yang Paling Canggih Di Dunia

Lockheed Martin telah menguat rencananya untuk memproduksi varian F-16 terbaru dan tercanggih yang hanya diproduksi untuk India di bawah program ‘Make in India’.

Kesepakatan senilai multimiliar dolar itu diselesaikan selama kunjungan Presiden Lockheed Martin Marillyn Hewson dua minggu lalu. Berdasarkan kesepakatan itu, Lockheed Martin akan memproduksi varian terbaru jet – F-16 Block 70/72 – yang akan diproduksi secara “eksklusif” di India.

F-16 ini akan menjadi varian “paling canggih” yang dimiliki India dan tidak ada F-16 negara lain yang lebih modern dari yang dimiliki India. Lockheed Martin juga berencana untuk mengekspor produksi F-16 dari pabriknya di India pada tahap berikutnya.

Namun Lockheed Martin tidak memiliki rencana untuk menginvestasikan 100 persen untuk program tersebut. Kemungkinan Lochkeed akan bekerja sama dengan Tata Advanced Systems Ltd, yang telah menjadi mitra untuk program pertahanan dan kedirgantaraan pesawat kargo C-130.

India telah lama menuntut bahwa F-16 yang ingin dibelinya harus lebih canggih dari yang dimiliki Pakistan.

Angkatan Udara India saat ini sangat membutuhkan pesawat tempur modern karena semakin banyak armada udaranya yang menua.