Dituduh Terlibat Kudeta, Izin 21.000 Guru Dicabut

Pemerintah Turki dilaporkan telah mencabut izin sebanayak 21.000 guru dalam pembersihan besar-besaran menyusul kudeta militer yang gagal beberapa waktu lalu. Selain itu, pemerintahan Erdogan juga memerintahkan 1.577 dekan untuk mengundurkan diri.

seperti dikutip dari Reuters, para pekerja di sektor pendidikan itu jadi target pembersihan oleh rezim Erdogan karena dicurigai bekerja sama dengan ulama Fethullah Gulen yang dituduh dalang dibalik upaya kudeta tersebut.

Pemerintah Turki secara resmi sudah meminta agar Gulen dideportasi ke turki dari tempat tinggal pengasingannya di Pennsylvania, Amerika Serikat..

”Lisensi dari 21.000 guru yang bekerja di lembaga-lembaga swasta telah dibatalkan. Bahwa (dugaan) sebagian besar terkait dengan kegiatan teroris telah dipertimbangkan,” kata pejabat kementerian yang tidak mau disebutkan namanya pada Rabu (20/07/2016).

Sementara laporan yang sama juga dikeluarkan kantor berita pemerintah Turki, Anadolu, yang menyebutkan Kementerian Pendidikan telah memecat para guru. namun terkait jumlah Anadolu menyebut angka sebanyak 15.200 tenaga pendidik yang telah dipecat.

Kudeta militer gagal tersebut juga berbuntut pada pemecatan 399 karyawan di Kementerian Keluarga dan Sosial dan 257 orang yang bekerja di kantor perdana menteri.

Pemecatan yang dilakukan sebagai upaya pemerintahan Erdogan dalam upaya “Pembersihan” besar-besaran pasca upaya kudeta militer.

Tinggalkan komentar