Home » Militer Indonesia » Jangan Remehkan MiG-29N dengan Rudal Archer dan SURA – HMTDS

Jangan Remehkan MiG-29N dengan Rudal Archer dan SURA – HMTDS

Rentang waktu antara tahun 1995 – 2007, Malaysia mengimpor 366 rudal udara ke udara jarak pendek R-73E (AA-11 Archer) dari Rusia. R-73 adalah rudal anti pesawat berpandu inframerah sensitif dengan kemampuan manuver hingga 12G. R-73E ‘Archer’ memiliki kemampuan anti jamming dan mampu ditembakkan menuju sasarannya pada sudut serang hingga 40 °, dan dengan penggunaan Helmet-Mounted Sight (HMS), pilot mampu mengunci dan menembakkan rudal Archer hanya dengan melihat targetnya. Rudal Archer memiliki jangkauan maksimum hingga 30 km (40 km R-73M).

Para pilot Angkatan udara Malaysia sudah dilengkapi dengan Helmet-Mounted Target Designation System (HMTDS) SURA buatan Gallet Helmet perancis, HMS SURA mampu mengendalikan sistem penjejak dan penargetan pada peluru kendali dan senjata meriam hanya dengan melihat pada target tanpa perlu mengubah arah pesawat.

Penggunaan rudal R-73E dan HMS SURA pada pesawat tempur MiG-29N Malaysia merupakan kombinasi terbaik dari kemampuan rudal yang luar biasa, sistem penjejak dan pengunci sasaran HMS SURA dan kemampuan manuver pesawat tempur yang memungkinkan pilot untuk mendapatkan kesempatan menembak terlebih dahulu (first look-first shot-first kill), daya hancur rudal yang lebih baik dan kemampuan survivability pesawat tempur yang lebih baik.