Home » Alutsita Canggih » Pesawat Korut Mendarat Darurat Di China

Pesawat Korut Mendarat Darurat Di China

Pesawat maskapai Korea Utara, Air Koryo, mendarat darurat di kota Shenyang, China pada Jumat (22/7), karena terbakar.

Dikutip dari Reuters, pesawat Air Koryo mendarat di Bandara Internasional Taoxian, Shenyang, di tengah perjalanan dari Pyongyang menuju Beijing.

Sementara situs pelacakan penerbangan, kantor berita Jepang, Kyodo, menambahkan bahwa pesawat yang terbakar itu jenis Tupolev Tu-204.

”(Pesawat) dialihkan tak lama setelah menyeberang perbatasan antara kedua negara sekitar pukul 08.25 (waktu China) sebelum mendarat di Bandara Internasional Taoxian, Shenyang pada pukul 08.50 pagi,” demikian bunyi laporan media Jepang tersebut.

Modernisasi dan perawatan pesawat di Air Koryo sulit dilakukan di tengah embargo dan boikot internasional terkait program nuklir negara yang dikucilkan dunia tersebut.

Namun, pesawat kuno dan destinasi wisata ke negara paling tertutup di dunia justru menjadi incaran para pelancong dunia.

Pada 2005 lalu, organisasi pemberi rating bandara Skytrax, hanya memberikan satu dari lima bintang dan memberikan label sebagai maskapai terburuk dunia selama empat tahun berturut-turut.

Maskapai Air Koryo adalah satu dari sedikit sekali maskapai dunia yang masih menggunakan pesawat peninggalan Uni Soviet, seperti Antonov, Tupolev dan Ilyushin. Maskapai ini memiliki 18 pesawat, sebagian besar produksi tahun 1960-an.

Modernisasi sulit dilakukan karena embargo dan boikot internasional terkait program nuklir negara yang dipimpin Kim-Jong un itu.

Namun, maskapai ini justru menjadi incaran para wisatawan dunia karena tiketnya sangat murah.

Belum diketahui informasi lainnya terkait peristiwa ini. Pihak maskapai Air Koryo belum memberikan pernyataan terkait terbakarnya pesawat mereka.

Sumber CNN