Tim Penjaga Pantai Italia Berhasil Menyelamatkan Nyawa Ribuan Imigran Ilegal

Upaya pencarian dan penyelamatan tim penjaga pantai Italia berhasil menemukan 17 mayat dan menyelamatkan 1.128 imigran tanpa dokumen yang mencoba menyeberangi Laut Mediterania di Selat Sisilia, Kamis (22/7/2016).

Berdasarkan informasi dari askanews yang mengutip pernyataan salah seorang penjaga pantai Italia, empat kapal dikerahkan dalam operasi penyelamatan kali ini, antara lain kapal Angkatan Laut Italia Grecale, kapal Inggris HMS Enterprise, kapal patroli Angkatan Laut Irlandia James Joyce dan kapal yang disewa oleh German Non Governmental Organization Sea-Watch.

Para imigran tersebut diketahui mengapung di atas lima perahu karet, sebuah tongkang dan dua perahu kecil.

Belakangan ini, Eropa memang tengah berhadapan dengan krisis pengungsi besar-besaran. Ratusan ribu imigran tanpa dokumen jelas dari Timur Tengah dan Afrika Utara masuk ke negara-negara makmur di Uni Eropa untuk memperoleh suaka demi kehidupan yang lebih layak.

Pada awal pekan ini, agen perbatasan Uni Eropa Frontex mengungkapkan bahwa jumlah imigran yang tiba melalui rute Mediterania Timur pada bulan Juni mengalami penurunan sebesar 95 persen, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Menurut Frontex, penurunan tajam tersebut berkat pengawasan ketat di perbatasan Macedonia-Yunani, serta kesepakatan Uni Eropa-Turki yang telah dicapai pada bulan Maret untuk melawan krisis pengungsi besar-besaran.

Frontex sendiri telah mencatat lebih dari 1,83 juta penyeberangan perbatasan ilegal terjadi pada tahun 2015. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dari tahun 2014, yang hanya 283.000.