Rusia Angkat Tank Era Perang Dunia 2 yang Tenggelam Akibat Torpedo Kapal Selam Jerman

Pelaut Rusia telah mengangkat tank Amerika era Perang Dunia ke 2 dari dasar laut. Tank besar tersebut ditemukan pada kedalaman 55 meter di dasar laut Barents di utara-barat Rusia, di mana tank sudah berada didasar laut lebih dari 70 tahun.

Tank tersebut diangkut dengan kapal kargo Thomas Donaldson yang merupakan salah satu konvoi terakhir persenjataan yang dikirim oleh Sekutu untuk Uni Soviet selama Perang Dunia II. Tank adalah bagian dari kargo termasuk amunisi dan kendaraan perang yang diangkut dari Inggris ke Uni Soviet pada Maret 1945.

Namun kapal itu tenggelam oleh torpedo dari kapal selam Nazi Jerman, dan terlupakan sampai tahun 2010 ketika ditemukan oleh Angkatan Laut Rusia, yang mulai melakukan penyelaman untuk menemukan reruntuhan dan artefak yang lama hilang.

Pelaut Rusia harus menyelam sedalam 55 m di dasar laut untuk menggali tank dan mengangkatnya ke permukaan. Artefak nantinya akan dibersihkan dan diperbaiki setelah 70 tahun mengalami korosi dan kemudian akan diberikan kepada museum sejarah.

Selain tank, Rusia juga menemukan artileri dan persenjataan anti-pesawat, namun mereka memutuskan untuk menyelamatkan tank M4 Sherman AS.