Home » Militer Indonesia » TNI AL Tangkap Perompak yang Kerap Beraksi di Teluk Balikpapan

TNI AL Tangkap Perompak yang Kerap Beraksi di Teluk Balikpapan

Prajurit TNI Angkatan Laut berhasil menangkap lima orang perompak yang kerap beraksi di Teluk Balikpapan, pada hari Sabtu (23/7) kemarin. Penangkapan itu berawal ketika anggota Pos TNI Angkatan Laut Balikpapan sedang melakukan patroli menyusuri Kampung Baru Tengah, Kampung Baru Ujung, Pelabuhan Kariangau dan perairan Penajam Paser Utara.

Tim patroli kemudian melihat perahu cepat berwarna biru tanpa lampu penerangan yang bergerak dari Teluk Balikpapan menuju arah Kampung Baru. Petugas patroli yang curiga segera melakukan pengejaran terhadap perahu cepat itu.

Setelah berhasil ditangkap, petugas segera melakukan pemeriksaan dan menemukan tali tross sepanjang 70 meter yang diduga merupakan hasil pencurian. Dari tangan pelaku, petugas juga mengamankan satu kota accu.

Kawanan perompak dibekuk TNI AL. (manadopostonline.com)
Danlanal Balikpapan, Letkol Laut (P) Irwan Siagian, mengatakan bahwa upaya para pelaku untuk melarikan diri gagal karena muatan tali tross yang cukup berat. “Diamankan tanpa perlawanan,” ujar Danlanal Balikpapan.

Letkol Laut (P) Irwan menjelaskan bahwa para perompak itu baru saja melakukan aksinya di kapal PT Massa yang beroperasi di Sungai Riko, kawasan hulu Teluk Balikpapan. Para pelaku yang sudah tiga kali beraksi itu selanjutnya diserahkan ke Polres Balikpapan untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.

Danlanal Balikpapan menegaskan bahwa jajarannya akan terus melakukan pengamanan dan tidak akan diam terhadap potensi ancaman gangguan laut. “Saya sudah perintahkan kepada jajaran untuk terus melakukan patroli,” kata Letkol Laut (P) Irwan.

Sumber: manadopostonline.com