Imamatul, TKW Asal Malang Jatim Harumkan Nama Indonesia di Pentas Dunia

Kisah Sukses Imamatul Maisaroh (36) seorang TKW asal Dusun Krajan, Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang yang menjadi Staff Khusus Presiden AS, Barrack Obama bisa menjadi inspirasi dan contoh bagi warga Indonesia lainnya.

Imamatul Maisaroh (36) hari ini Selasa, 26 Juli 2016, dijadwalkan akan berpidato di hadapan ribuan delegasi dalam Konvensi Nasional Partai Demokrat di Stadion Wells Fargo Center, Philadelphia, Pennsylvania, AS, menurut waktu setempat.

Imamatul Maisaroh, TKW asal Malang Jawa Timur dalam sebuah kesempatan pidato di depan pejabat gedung putih AS.

Perempuan kelahiran 20 Maret 1980 itu mendapat kehormatan tersebut dalam kapasitasnya sebagai aktivis anti- perdagangan manusia. Sejak 2012, dia tercatat sebagai staf organisasi nirlaba CAST (Coalition to Abolish Slavery & Trafficking).

Ima, panggilannya, menjabat organisator atau koordinator para korban perbudakan dan perdagangan manusia CAST. Per Desember tahun lalu, Ima bersama sepuluh orang lainnya juga ditunjuk sebagai anggota Dewan Penasihat Perdagangan Manusia Presiden Barrack Obama.

Seperti disampaikannya kepada Indonesian Lantern, komunitas warga Indonesia di AS, di hari kedua konvensi, dia akan berpidato mengenai pengalaman dirinya sebagai korban perbudakan manusia. ”Saya juga menyampaikan program-program penanggulangan perbudakan dan perdagangan manusia yang telah dilakukan Hillary Clinton,’’ tutur Ima seperti dikutip situs resmi Indonesian Lantern.

Ima menerima undangan langsung dari Komite Nasional Partai Demokrat pada Sabtu (16/7). Ibu tiga anak itu pun sangat girang. Dia tidak sabar segera bertolak ke lokasi konvensi di Wells Fargo Center.

Hari ini (26/7) Imamatul Maisaroh dijadwalkan akan berpidato di hadapan ribuan delegasi dalam Konvensi Nasional Partai Demokrat di Stadion Wells Fargo, Philadelphia, Pennsylvania, AS.

Dalam konvensi empat hari itu, Ima bersama belasan orang lainnya didaulat menjadi pembicara. Mereka berbicara tentang isu-isu yang menjadi prioritas Demokrat selama konvensi yang berlangsung sejak kemarin (25/7) sampai Kamis (28/7) itu. Tokoh-tokoh sipil tersebut diberi kesempatan berbicara sebagai pakar pada hari pertama dan kedua.

Selanjutnya, konvensi akan membahas hal-hal yang cenderung politis pada dua hari terakhir. Hillary Clinton, yang akan ditabalkan sebagai calon presiden dengan didampingi Tim Kaine sebagai calon wakil presiden, bakal berpidato pada hari terakhir konvensi.

”Ima punya bakat alami untuk menjadi pemimpin,” ujar Vanessa Lanza, direktur partnerships CAST, seperti dikutip Asia News. Pujian yang sama pernah meluncur dari Obama dan Menteri Luar Negeri John Kerry. (marksman)