Terbangkan T-34 Charlie, KSAU Napak Tilas Hari Bhakti TNI AU

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Agus Supriatna, melakukan penerbangan dengan pesawat latih tipe T-34 Charlie, pada hari Senin (25/7) kemarin.

Pesawat yang bermarkas di Wing Pendidikan Terbang Lanud Adisutjipto Yogyakarta itu merupakan pesawat yang digunakan untuk mendukung latihan Sekolah Penerbang TNI AU sejak tahun 1979. Semasa menjabat sebagai Komandan Skuadron Pendidikan 102 Lanud Adisutjipto, Marsekal Agus kerap membawa pesawat itu.

Pesawat Charlie dengan nomor ekor LD-3423 itu telah dimodifikasi, termasuk ditambahi atribusi penerbang di badan kokpit sisi depan dengan tulisan nama lengkap KSAU dengan callsign Dingo.

Marsekal Agus dalam posisi backseater melakukan penerbangan di Aerodrome Lanud Adisutjipto, mulai dari kawasan Prambanan, Merapi hingga Borobudur Magelang. Penerbangan itu dilakukan sebagai bentuk napak tilas ke-59 Hari Bhakti TNI Angkatan Udara.

Dalam penerbangan itu, KSAU dikawal enam pesawat KT-01 Woong Bee dengan membentuk huruf V. Pengawalnya adalah anggota tim aerobatik The Jupiter serta Danlanud Adisutjipto, Marsma TNI Imran Baidirus.

Bagi Marsekal Agus, T-34 Charlie begitu berkesan dan menyimpan banyak kenangan saat mengudara. “Suara pesawat T-34 C masih khas membawa nuansa seperti 34 silam, saat kami melakukan latihan menerbangkan pesawat,” kata KSAU.

Marsekal Agus menjelaskan bahwa pesawat itu telah menghasilkan ratusan penerbang militer yang memperkuat seluruh skuadron di Indonesia. “Kita harus menghargai makna sejarah dan budaya dimana kekuatan dirgantara itu dilahirkan (Lanud Adisutjipto),” ujarnya.

Sumber: okezone.com