TNI AD Lakukan Uji Coba Pemuatan Tank Leopard ke LCU ADRI-L

TNI Angkatan Darat telah melakukan uji coba pemuatan tank Leopard 2 ke kapal Landing Craft Utility (LCU) Angkatan Darat Republik Indonesia-50 (ADRI-L).

Sebelumnya, uji coba pemuatan tank Leopard 2 telah terlebih dahulu dilakukan ke kapal Landing Ship Tank (LST) Teluk Bintuni-520 di dermaga Kolinlamil TNI Angkatan Laut.

TNI AD Lakukan Uji Coba Pemuatan Tank Leopard ke LCU ADRI-L (2)
Kapal ADRI-L merupakan kapal terbesar yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat dan dioperasikan oleh Direktorat Pembekalan Angkutan TNI Angkatan Darat. Kapal yang diluncurkan pada tahun 2016 ini menelan biaya produksi sebesar Rp 53 miliar.

TNI AD Lakukan Uji Coba Pemuatan Tank Leopard ke LCU ADRI-L (3)
ADRI-L memiliki panjang 79,50 meter, lebar kapal 14.00 meter, total beban 2.400 ton, dengan mesin penggerak 2×1500 hp. Kapal yang memiliki kecepatan maksimum 12 knot ini mampu membawa enam unit tank Leopard 2A4 dan satu tank transporter.

TNI AD Lakukan Uji Coba Pemuatan Tank Leopard ke LCU ADRI-L (4)
Kapal yang dibuat oleh galangan DKB/PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) ini mempunyai bobot mati 1.200 ton dan didesain untuk mengangkut enam unit tank tempur utama sekelas Leopard 2.

TNI AD Lakukan Uji Coba Pemuatan Tank Leopard ke LCU ADRI-L (5)
Tank Leopard 2 merupakan tank terbesar milik TNI dengan bobot mencapai 62 ton. Terdapat dua tipe kapal untuk sarana transportasi antar pula jenis tank tersebut, yaitu LST TNI Angkatan Laut dan LCU TNI Angkatan Darat.

Sumber: defense-studies.blogspot.co.id

Tinggalkan komentar