Home » Alutsita Canggih » India Segera Upgrade Su-30MKI Menjadi Super Sukhoi

India Segera Upgrade Su-30MKI Menjadi Super Sukhoi

India akan meng-upgrade 194 pesawat tempur Sukhoi Su-30MKI dengan kemampuan mendekati pesawat tempur generasi kelima. Varian upgrade Su-30MKI nantinya akan berganti nama menjadi Super Sukhoi dan akan menghabiskan biaya lebih dari US$ 8 miliar.

Sebuah tim Rusia datang ke New Delhi awal bulan Juli dan membahas rencana upgrade, negosiasi rencananya bisa diselesaikan dalam waktu empat hingga enam bulan ke depan.

Angkatan Udara India (IAF) ingin meningkatkan kemampuan seluruh armada Su-30MKI yang berjumlah 272 unit mendekati kemampuan pesawat tempur generasi kelima, terutama untuk bisa mengimbangi peningkatan kemampuan Angkatan Udara tetangganya, seperti China yang mulai diperkuat pesawat tempur siluman J-20 dan Pakistan yang mengincar F-16 varian terbaru dan Su-35 dari Rusia.

Meski mendapatkan upgrade, Su-30MKI tetaplah berbeda dengan T-50 PKFA. SU-30MKI hanya mendaptkan upgrade pada sistem avionic canggih dan sensor terbaru seperti radar AESA, dan kemampuan menggotong rudal Brahmos, Super Sukhoi tidak mengalami perubahan pada desain airframe seperti penyimpanan senjata internal.