Home » Militer Indonesia » Dapatkah Gripen Swedia Mengalahkan Su-30SM atau Su-35 Rusia ?

Dapatkah Gripen Swedia Mengalahkan Su-30SM atau Su-35 Rusia ?

Menghadapi ancaman ketegangan yang terus meningkat di kawasan Baltik, dan menghadapi rudal dan pesawat tempur tercanggih Rusia, Swedia meningkatkan belanja pertahanannya dan meningkatkan kemampuan pesawat tempur Gripen.

Arsenal superioritas udara tercanggih yang dimiliki Rusia saat ini adalah SU-30SM2, Su-27SM2 /SM3 dan Su-35. Menurut Menteri Pertahanan Swedia, sangat penting bagi Swedia untuk terus berinvestasi meningkatkan kemampuan generasi baru jet tempur JAS 39 Gripen. “Kami membutuhkan tingkat kemampuan yang lebih tinggi dari pesawat ini. ”

Swedia mengharapkan untuk bisa menerima Gripen E pertama pada tahun 2019, dan upgrade Gripen C / D antara tahun 2023 dan 2026.

Gripen E memperkenalkan berbagai peningkatan dan daya tahan, sistem komunikasi yang lebih baik dan perangkat peperangan elektronik, radar AESA, rudal jarak jauh yang ‘smart’, jejak radar yang minim dan sensor fusion tercanggih.

Fitur-fitur terbaru Gripen diharapkan dapat mengurangi kelemahan Gripen seri terdahulu, yang menurut Mayor Jenderal Mats Helgesson, Kepala Angkatan Udara Swedia. “Dengan penggunaan teknologi terbaik dan taktik terbaik, kami akan dapat memenangkan perang udara.”

Swedia telah memesan 60 jet tempur multirole Gripen E yang akan menggantikan sekitar 100 Gripen C / D.

Tags: