Home » Alutsita Canggih » Tak Kalah Dengan Su-35, F-16 Viper Dilengkapi Teknologi Fighter Generasi 5

Tak Kalah Dengan Su-35, F-16 Viper Dilengkapi Teknologi Fighter Generasi 5

Saat ini tersisa 15 unit F-16 yang sedang dibangun di fasilitas Fort Worth Lockheed Martin di Texas, namun masih banyak nafas kehidupan untuk jet tempur F-16, kata perusahaan Lockheed.

Blok terbaru varian pesawat tempur F-16 adalah F-16V. Menurut Randy Howard, Direktur pengembangan bisnis F-16, F-16V mendapat cangkokan teknologi pesawat tempur generasi kelima seperti yang dimiliki F-35 dan F-22 Raptor.

F-16V dilengkapi radar AESA Northrop Grumman APG-83 Scalable Agile Beam Radar (SABR), yang merupakan pengembangan dari radar APG-81 yang terdapat pada pesawat tempur siluman F-35.

F-16V termasuk satu dari empat pesawat tempur yang dilengkapi radar AESA buatan Northrop, sistem radar yang sama dimiliki juga oleh pesawat tempur siluman F-22 Raptor, F-16 Block 60 milik Uni Emirat Arab dan F-35.

Pada sistem avionic canggih lainnya, F-16 Viper sudah dilengkapi Computer Databus berkecepatan tinggi yang sangat membantu tugas pilot dalam mengambil keputusan taktis.

F-16V meng-upgrade juga display terpusat 6 x 8 inchi dan Digital Flight Control & Auto GCAS (Ground Collision Avoidance System), Helmet-Mounted Cueing System, Data Link 16, pod bidik Sniper Lockheed dan tangki bahan bakar konformal untuk tambahan daya jangkau lebih dari 900 mil.

Kini bukan hanya Su-35 yang mendapatkan asupan teknologi pesawat tempur generasi kelima, tapi F-16 Viper juga memiliki teknologi inti seperti yang dimiliki pesawat tempur siluman meski masih minus pada desain stealth dan penyimpanan persenjataan internal.