Seluruh Armada Laut Rusia Yang Baru Akan Dilengkapi Fizik-1

Armada Angkatan Laut Rusia yang baru termasuk kapal selam akan dilengkapi dengan Torpedo pelacak panas Fizik-1 yang mampu mencapai target 2,5 kali lebih besar dibandingkan dengan USET-80, serta hulu ledak yang lebih kuat dan sistem homing yang disempurnakan. Saat ini Torpedo Fizik-1 sudah dalam pelayanan, menurut salah satu sumber militer kepada RIA Novosti , Rabu.

“Angkatan Laut Rusia mulai dipersenjatai menggunakan Torpedo kaliber 533 milimeter baru Fizik-1 dengan peningkatan serangan jarak hingga 50 kilometer (31 mil),” kata sumber itu.

Fizik-1 atau dikenal dengan “produk 2534” telah tersedia sejak lima tahun lalu, namun masih belum jelas kapan mulai digunakan, sementara versi selanjutnya yaitu Fizik-2 sudah mulai digunakan sejak April 2015. Torpedo pelacak-panas Fizik memasuki pelayanan untuk menggantikan Torpedo USET-80 yang dikembangkan sekitar 1980.

Kru Kapal Selam Nuklir Alexander Nevsky pada upacara selamat datang kapal Angkatan Laut Proyek 955 (Borei-Class) di Pangkalan Permanen Viluychinsk Kamchatka.

Torpedo Fizik-1 di desain oleh Marine Thermotechnics Research Institute. Menurut blog online, torpedo baru ini akan menjadi senjata dari kapal selam bertenaga nuklir Project 885 (Yasen-Class) seperti K-329 Severodvinsk dan kapal selam jenis lainnya. Setiap kapal selam Yasen-Class akan dilengkapi dengan sepuluh tabung Torpedo 533 milimeter Fizik-1.

Diperkirakan Torpedo ini memiliki panjang sekitar 7,2 meter (23 kaki), berat 2.200 kilogram (4.850 pon) dan memiliki hulu ledak seberat 300 kilogram. Menggunakan mesin yang dirancang khusus menggunakan bahan bakar oksigen dan air.