Home » Alutsita Canggih » Pangkalan Udara NATO di Turki ‘Diserbu’ Ribuan Polisi

Pangkalan Udara NATO di Turki ‘Diserbu’ Ribuan Polisi

Pihak kepolisian Turki mendapat informasi akan ada kudeta lanjutan, yang saat ini sedang direncanakan matang di pangkalan udara NATO dan Amerika, di Turki. Mendapat informasi ini, 7.000 anggota kepolisian Turki langsung melakukan sweeping di pangkalan udara dengan menggunakan senjata lengkap.

Selain menggunakan senjata lengkap, kepolisian Turki juga menerjunkan kendaraan lapis baja ke dalam pangkalan udara. Namun, tidak ingin ada ‘kegaduhan’ lagi, Pemerintah Turki langsung angkat bicara dengan menyatakan bahwa ini adalah pemeriksaan rutin yang dilakukan polisi.

“Kami melakukan pemeriksaan keamanan umum. Tidak ada yang salah,” ujar Menteri Hubungan Uni Eropa (UE) Turki, Omer Celik.

Sebelumnya, Perdana Menteri Turki Binali Yildirim menyatakan, Pemerrintah Turki akan menutup pangkalan udara tersebut. ”Saya menyatakan kepada semua orang yang sekarang berdiri di alun-alun Kazan (kota sebelah barat laut dari Ankara). Pangkalan Akinci ini, yang jadi sarang para pengkhianat, akan ditutup dan kami akan mengubahnya menjadi tempat bagi para martir kami yang meninggal (menyelamatkan) demokrasi selama upaya kudeta,” ucapnya.