Home ┬╗ Alutsita Canggih ┬╗ Tidak Butuh Su-35, Kemampuan Su-30MKM Sudah Cukup Mengimbanginya

Tidak Butuh Su-35, Kemampuan Su-30MKM Sudah Cukup Mengimbanginya

Selama ini tanpa banyak diketahui, teknologi dan kemampuan pesawat tempur Su-30MKM Angkatan Udara Malaysia sudah setara dengan pesawat tempur Su-35. Hal ini dibuktikan dengan dipilihnya SU-30MKM Malaysia oleh AS untuk melakukan latihan perang udara dengan pesawat tempur siluman andalannya, F-22 Raptor.

Lalu teknologi dan kemampuan apa saja yang membuatnya tidak hanya lebih canggih dari Su-30 negara lain, tapi juga mampu mengimbangi pesawat tempur superioritas udara terbaru besutan Rusia, Su-35.

Mesin dan Kemampuan Manuver

Dilengkapi dengan mesin jet turbin AL-31FP dengan daya dorong vectoring, dimana knalpot mesin memiliki fleksibilitas untuk bergerak naik dan turun 15 derajat, dikombinasikan dengan sayap canard, menjadikan Su-30MKM memiliki keunggulan manuver yang luar biasa dalam pertempuran udara jarak dekat.

Radar

Su-30MKM dilengkapi dengan radar N011M NIIP BAR (AWACS versi mini) yang mampu mendeteksi target udara, laut dan udara secara bersamaan. Target udara besar seperti pesawat pembom mampu dideteksi pada jarak 350 km, target kecil seperti jet F-5 misalnya dapat dideteksi pada jarak 135 km, sementara pesawat tempur F-16 dapat dideteksi pada jarak 140-160 km. Su-30MKM juga dilengkapi sensor radar menghadap ke belakang yang terpasang di tailcone. Su-30MKM mampu mengunci 20 target dan meluncurkan serangan terhadap 8 sasaran yang paling mengancam.

Persenjataan

Pada sistem persenjataan, Su-30MKM juga memiliki persenjataan yang sama, kecuali pada kemungkinan dipersenjatainya Su-35 dengan rudal Brahmos.
Sama-sama persenjatai dengan meriam GSH-301 30mm dengan 150 butir amunisi. Su-30MKM juga memiliki 12 cantelan untuk muatan persenjataan hingga 8 ton, yang bisa terdiri dari enam rudal udara-ke-udara jarak medium seperti R-27RE (AA-10C Alamo-C), R27TE (AA-10D Alamo-D) atau Vympel RVV -ae (AA-12 Adder). Atau rudal alternatif lain seperti dua rudal jarak medium AA-10D Alamo dan rudal inframerah jarak dekat Vympel R-73E (AA-11 Archer).

Su-30MKM juga dilengkapi dengan sistem kontrol senjata digital modern serta fitur anti-jamming. Su-30MKM juga dilengkapi dengan pod penargetan Thales Damocles, sistem pengintai laser dan sistem helm pembidik sasaran, yang memungkinkan pilot untuk mengunci sasaran dan meluncurkan rudal-rudal yang menakutkan. Kedua pesawat tempur juga mampu menggotong rudal jelajah anti pesawat Novator KS-172 AAM-L yang memiliki jangkauan hingga 300-400 km.

SU-30MKM juga dapat menembakkan rudal udara-ke-permukaan seperti Kh-29 (AS-14 Kedge), Zvezda Kh-31A (AS-17 Krypton) atau Raduga Kh-59M (AS-18 Kazoo). Kedua pesawat tempur juga sudah dilengkapi kemampuan peperangan dan jamming elektronik.

Royal Air Force Malaysia saat ini diperkuat dengan 18 Su-30MKM, dengan segala kelebihannya yang menyerupai Su-35, rasanya Malaysia tidak membutuhkan lagi Su-35 dan lebih membutuhkan pesawat tempur varian lain, seperti Rafale atau Typhoon.