Lanud El Tari Kupang Siapkan Sarana dan Prasarana untuk Pesawat Tempur

Pangkalan Udara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), mulai mengembangkan sarana dan prasarana untuk menampung berbagai pesawat tempur dan pesawat angkut guna mendukung operasi udara di wilayah perbatasan Timor Leste dan Australia. Rencana pengembangan itu sesuai master plan hingga tahun 2024.

“Saat ini sudah dalam proses pengembangan dan pembangunan, dan ada tahapan di tahun 2016 hingga 2024. Kalau sekarang sedang dalam proses pembangunan shelter untuk pesawat tempur,” ujar Danlanud El Tari, Kolonel (Pnb) Jorry Koloay, di sela-sela peringatan Hari Bhakti TNI Angkatan Udara ke- 69 di Lanud El Tari Kupang, Senin (1/8).

Kolonel (Pnb) Jorry menjelaskan bahwa Lanud El Tari akan menjadi basis pangkalan udara di wilayah selatan Indonesia bagian timur. Saat ini, Lanud El Tari telah melakukan pengamanan penerbangan, bandara dan pangkalan udara yang ada di wilayah NTT.

“Dalam konteks keamanan penerbangan, kita didukung Satuan Radar 226 Buaren yang 1 x 24 jam memantau setiap pergerakan penerbangan di Indonesia, khususnya di wilayah NTT dan wilayah Indonesia bagian timur terhadap kemungkinan adanya penerbangan-penerbangan gelap yang tidak terindetifikasi atau tidak terdaftar secara legal,” ujar Danlanud El Tari.

Kolonel (Pnb) Jorry menegaskan bahwa TNI Angkatan Udara akan memperkuat sistem pertahanan pangkalan udara dan sistem keamanan bandara yang menjadi pintu gerbang wilayah.

Sumber: timorexpress.fajar.co.id

Leave a Reply