Upgrade Pesawat Tempur Su-27

Versi awal Su-27 adalah pesawat tempur superioritas udara dan kini banyak negara pengguna Su-27 seperti Indonesia melakukan upgrade dengan kemampuan serang ke darat dan permukaan yang menjadikan Su-27 kini bisa memiliki kemampuan tempur multirole.

Dari diagram terlihat, Su-27 upgrade memiliki kemampuan menembakkan rudal udara-ke-udara Beyond Visual Range dan rudal anti kapal, anti radar atau anti permukan lain, termasuk juga bom presisi

Upgrade Pesawat Tempur Su-27 1

Peningkatan kemampuan tempur Su-27 diantaranya pada kemampuan penggunaan rudal  udara-ke-udara dengan jangkauan lebih jauh (R-77 RVV-AE) dan senjata udara-ke-permukaan presisi. Su-27 juga akan mampu melakukan pemetaan target permukaan.

Upgrade Su-27 juga mencakup penggantian radar standar N001 dengan N001 VEP yang memiliki beberapa kelebihan seperti melacak sasaran udara hingga sejauh 190 km, sasaran permukaan dengan radar cross section (RCS) 30 m persegi sejauh 40 km, target permukaan dengan radar cross-section 1000 m persegi (hanggar/pangkalan militer) 150 km, target di laut (destroyer atau kapal induk) hingga 350 km.
Pada beberapa type, seperti Su-27SM2 atau Su-27SM3 juga dilengkapi perangkat Satellite ECM Protection.

Tampilan avionic dan instrumen navigasi pada Su-27 upgrade

  1. Video registration system interface unit
  2. TV camera of video registration system
  3. MFI multifunctional indicator
  4. System Indicator Ekran-UB-02 ?-4
  5. Kontrol dan indikasi Satellite ECM protection

Perangkat Satellite ECM protection berfungsi untuk menjammer rudal ataupun senjata presisi yang menggunakan seeker infra merah, laser, radar ataupun radio yang ditembakkan pesawat tempur musuh ataupun sistem rudal pertahanan udara musuh.

Tampilan pada layar HUD (Head up Display), scan radar permukaan, TV Image dan Video frame eksternal pada Su-27 Upgrade.

Leave a Reply