Home » Alutsita Canggih » Merasa Dubesnya Dihina AS Murka Terhadap Filipina

Merasa Dubesnya Dihina AS Murka Terhadap Filipina

Duta besar Amerika untuk Flipina Philip Goldberg, mersa dilecehkan oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Pernyataan tersebut disampaikan direktur hubungan masyarakat Departemen Luar Negeri AS, Elizabeth Trudeau.

Pihak Deplu AS langsung memanggil kuasa usaha sekutu terdekatnya di Asia, Filipina untuk memberikan penjelasan terkait komentar-komentar yang dianggap menghina dan tidak pantas yang ditujukan kepada duta besar mereka di Filipina.

“Kita meminta Kuasa Usaha Filipina untuk datang ke Departemen LN guna menjelaskan komentar-komentar itu” ujar Elizabeth Trudeau, Selasa (9/8/2016). Namun, Trudeau enggan menjelaskan secara rinci isi pertemuan antara pejabat senior Amerika dengan Patrick Chuasoto, Kuasa Usaha Kedutaan Filipina di Washington.

Presiden Duterte, dalam pertemuannya dengan tentara di sebuah pangkalan militer minggu lalu dilaporkan menyinggung nama duuta besar Amerika untuk Filipina Philip Goldberg, dan melancarkan serangan-serangan pribadi. Selama ini Goldberg memang dikenal cukup kritis terhadap Duterte mengenai kekerasan seksual.