Home » Alutsita Canggih » PBB Didesak Perbarui Daftar Teroris

PBB Didesak Perbarui Daftar Teroris

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mendesak PBB untuk memperbarui daftar organisasi teroris. Pembaruan daftar tersebut berguna untuk mencegah berbagai kelompok teroris melarikan diri dari hukuman dengan mengubah nama mereka.

“Masyarakat internasional memiliki kewajiban untuk tetap teguh dalam memerangi terorisme, PBB harus memperbarui daftar organisasi teroris pada waktu yang tepat,” kata Lavrov disela-sela pertemuan trilateral Rusia, Iran dan Azerbaijan, seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (9/8/2016).

Menurut Lavrov, para teroris berusaha untuk menyelamatkan nyawa mereka dengan mengubah nama grupnya.

“Rusia yakin bahwa meskipun semua meniru Front al-Nusra penting kiranya untuk melanjutkan perjuangan melawan organisasi teroris dan memperbarui daftar mereka,” tutur Lavrov.

Sebelumnya, pada akhir Juli lalu, salah satu kelompok teroris terbesar yang ikut dalam konflik di Suriah, Front al-Nusra mengumumkan berpisah dengan Al-Qaeda. Kelompok ini juga mengumumkan telah mengubah namanya menjadi Front Suriah Conquest yang tidak memiliki hubungan dengan kelompok asing manapun.

Pemimpin kelompok Al Qaeda, Ayman al-Zawhiri, memberi restu terhadap perceraian tersebut. Menurutnya, persaudaraan Islam antara Front al-Nusra dengan Al-Qaeda lebih kuat dari semua link organisasi yang kuno dan telah berubah.