Perkuat Armada di Laut China Selatan, China Pasang Rudal Canggih di Kapal Perang

China dilaporkan telah menginstal sistem rudal canggih di kapal perang perusak Luhai-class (Type 051B) Shenzhen. Kapal perang Shenzhen akan ditempatkan di Laut China Selatan untuk mempertahankan wilayah yang diklaim China.

Kapal perusak perusak Luhai-class (Type 051B) Shenzhen merupakan kapal perusak modern dengan sistem propulsi uap dan berfungsi sebagai hanggar helikopter.

Persiapan China dalam memperkuat armada tempur mereka itu dilaporkan Situs analis pertahanan Barat, IHS Jane.

Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa kapal perusak unggulan China itu akan kembali beroperasi dengan armada Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat di Laut China Selatan.

Rudal andalan China yang akan diinstal itu adalah rudal udara jarak menengah HHQ-16 (SAM) yang dapat ditembakkan sejauh 19 mil laut dengan kecepatan maksimum 2.148 mph. Sistem rudal ini sebanding dengan sistem rudal kuat Rusia, Gollum/ Shtil-2.

China terus berupaya menegaskan klaim atas Laut China Selatan dan tidak mau mengakui putusan atas gugatan Filipina di Pengadilan Tetap Arbitrase, Den Haag. Setelah putusan itu, China terus bermanuver dengan dalih menjaga pulau-pulau buatan di Kelompok Spratly yang disengketakan.

Langkah China tersebut semakin memperuncing ketegangan di wilayah Laut China Selatan dan seakan menjawab kedatangan Kapal perang USS Benfold Amerika Serikat (AS) di pelabuhan Qingdao, China. Meskipun kapal perang USS Benfold datang untuk mengadakan latihan dengan Angkatan Laut China dan bertujuan untuk memberikan kesempatan pada pelaut China dan AS berinteraksi dan membangun hubungan bersama.

Tinggalkan komentar