Home » Alutsita Canggih » SU-35K, Varian yang Akan Dijual Kepada China dan Indonesia

SU-35K, Varian yang Akan Dijual Kepada China dan Indonesia

Su-35 merupakan pesawat tempur generasi 4 ++ yang dilengkapi avionik canggih, kemampuan manuver ampuh, dan persenjataan yang mematikan. Su-35 dibangun untuk menjadi penantang utama pesawat tempur F-15C Eagle dan variannya. Dilengkapi dengan mesin dengan daya dorong vectoring Saturn 117 yang mampu memberikan sudut serang yang lebih tinggi. SU-35 juga dilengkapi dengan radar PESA Irbis-E yang sebanding dengan radar pada jet tempur F-15SE Silent Eagle.

Su-35 terdiri dari beberapa varian, seperti :

Su-27M / Su-35, varian awal dengan kursi tunggal.
Su-35UB, varian dengan kursi ganda dan berfungsi sebagai pesawat tempur latih. Pesawat tempur ini memiliki sayap stabilisator vertikal yang lebih tinggi dan frame pesawat yang lebih canggih mirip dengan Su-30.
Su-35BM, varian Su-35 berkursi tunggal dengan avionik upgrade dan berbagai modifikasi pada framenya.
Su-35S adalah vaian termutakhir yang hanya dimiliki Angkatan Udara Rusia.
Su-35K, adalah varian ekspor dari Su-35S.

SU-35K adalah varian yang akan dijual ke negara peminat Su-35 seperti China dan Indonesia. Masih belum diketahui apakah varian Su-35K merupakan varian downgrade dari Su-35S, dan apakah penjualan tersebut juga akan mengikutsertakan persenjataan termutakhir yang sudah bisa ditembakkan pesawat tempur Su-35S seperti rudal anti kapal generasi terbaru X35UE, rudal anti radar generasi terbaru X-58USHKE, rudal udara-ke udara medium RVV-SD dan rudal udara jarak pendek RVV-MD.

Tags: