Rusia Kembangkan Dua Jenis Jet Tempur Generasi Ke 6 Secara Bersamaan

MOSKOW – Rusia secara bersamaan mengembangkan jet tempur generasi keenam baik berawak dan nirawak (tak berawak), Komandan Angkatan Udara Rusia Viktor Bondarev mengatakan pada hari Jumat (12/08/2016).

“Secara bersamaan, tentu saja… Pekerjaan sedang berlangsung disini (Rusia) maupun diluar negeri. Kami memiliki industri penerbangan dan biro desain yang sangat baik. Menurut saya pesawat tempur generasi keenam tidak lama lagi”, ujar Bondarev kepada wartawan.

Sebelumnya, Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Rogozin mengatakan bahwa Biro Desain Sukhoi, bagian dari United Aircraft Corporation (UAC) yang berbasis di Moskow, telah menghadirkan desain pertama untuk jet generasi keenam. Pada tahun 2014, UAC mengatakan pihaknya berencana untuk menyelesaikan pesawat generasi keenam pertama sekitar 2020 akhir.

Saat ini, proyek pesawat tempur generasi kelima Rusia, siluman multiperan Sukhoi PAK FA sedang dalam tahap pembangunan dan sedang menjalani uji penerbangan. Pesawat ini diharapkan untuk menyelesaikan tes tahun 2016 ini sebelum produksi massal dimulai pada tahun 2017.

Sumber: Sputniknews

(Vegassus/JakartaGreater)

Sharing

Tinggalkan komentar