Home » Militer Indonesia » Meski Stealth, F-35 Bisa Dilacak dari Jejak Panasnya

Meski Stealth, F-35 Bisa Dilacak dari Jejak Panasnya

Dipuji karena memiliki kemampuan siluman dan menghilang dari radar, F-35 ternyata bisa dilacak dengan perangkat penjejak infra merah.

Jejak panas yang dilepaskan oleh mesin pesawat dan perangkat kelistrikan lainnya seperti radar bisa menjadi kelemahan utama pada pesawat tempur siluman F-35.

Pesawat tempur yang dilengkapi dengan perangkat sensor Infra-Red Scan And Track (IRST) seperti yang dimiliki pesawat tempur buatan Eropa dan Rusia, dapat dengan mudah mendeteksi F-35 bahkan diluar jangkauan visual.

Sebuah video yang dirilis oleh FLIR Systems yang mengkhususkan diri dalam pembuatan sensor infra-merah menunjukkan detil yang dihasilkan jejak panas F-35 secara jelas. Sensor yang digunakan adalah FLIR Star SAFIRE 380-HD dan pelacakan jejak panas tersebut dilakukan pada berbagai kisaran jarak.

AS dan negara-negara sekutu lainnya telah menggelontorkan dana miliaran dolar untuk membeli F-35 yang memiliki kelebihan utama pada kemampuan silumannya, namun dengan kelemahan pada jejak thermalnya hal itu seperti menjadi sia-sia.