Home » Alutsita Canggih » 32 Diplomat Turki Menghilang Diduga Mencari Suaka Politik

32 Diplomat Turki Menghilang Diduga Mencari Suaka Politik

Pemerintah Turki telah menarik 32 orang diplomat mereka pasca upaya kudeta militer yang gagal beberapa waktu lalu. Namun, ke-32 diplomat tersebut hingga saat ini belum ada yang kembali ke Turki.

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu membenarkan hal ini. Dia belum bisa memastikan apakah 32 orang diplomat yang belum kembali tersebut mencari suaka politik ke negara lain. “32 diplomat itu adalah bagian dari 208 personil Departemen Luar Negeri yang telah ditarik untuk ditugaskan di kantor pusat kementerian,” jelas Mevlut Cavusoglu, Sabtu (13/8/2016).

Pasca upaya kudeta militer, banyak pegawai pemerintah Turki baik sipil maupun militer yang bertugas di luar negeri enggan kembali ke negaranya. Salah satunya adalah seorang perwira militer Turki, yang bertugas dipasukan NATO, Amerika Serikat (AS). Perwira tersebut enggan kembali ke Turki dan mencari suaka politik di AS.

Sementara itu, perwakilan Pemerintah AS akan mengunjungi Ankara untuk membicarakan ekstradisi tokoh oposisi dan ulama Fethullah Gulen, yang dituding menjadi dalang di balik upaya kudeta militer.