Home » Alutsita Canggih » Su-35 Benteng Udara Tangguh Indonesia

Su-35 Benteng Udara Tangguh Indonesia

Su-35 adalah pesawat tempur superioritas udara dengan kemampuan serangan permukaan, dan menjadi pesaing utama pesawat tempur Barat seperti F-35, Rafale, Typhoon dan F-15.

Media Rusia menyatakan Indonesia berencana untuk membeli 8 pesawat tempur Su-35, dan akan menjadi pelanggan asing kedua setelah China. Jika informasi ini benar, maka Angkatan Udara Indonesia kemungkinan akan menerima beberapa pesawat tempur Su-35K pada tahun 2018.

Su-35 yang disebut Super Flanker oleh pihak Barat merupakan pesawat tempur multirole kelas berat. 12 hardpoint dibawah sayap dan badannya mampu mengangkut beragam persenjataan modern rudal udara-ke-udara, rudal anti kapal, bom presisi, rudal serangan darat dan rudal anti-radiasi.

Dengan radar pasif Irbis-E, Su-35 dapat mendeteksi target besar seperti pesawat pembom dari jarak 400 km, Su-35 Indonesia juga dapat mendeteksi pesawat tempur siluman J-20 dan F-35 tetangga dengan reflektor radar sekitar 3 m2 atau target udara kecil pada jarak sekitar 100-150 km.

Bersama pesawat tempur Angkatan Udara Indonesia lainnya seperti Su-27, F-16 dan Su-30, Su-35 bisa menjadi pesawat pengintai jarak jauh, memberi informasi data intelijen posisi target udara dan permukaan musuh kepada pesawat tempur lainnya, Su-35 juga bisa menjadi pesawat tempur ‘Leader’ bagi armada udara Indonesia lainnya.

Dengan pembelian Su-35, Angkatan Udara Indonesia bisa menjadikannya sebagai pesawat tempur garis depan, menjadi ‘benteng udara’ tangguh menghadapi pesawat tempur modern di kawasan, seperti diketahui China, Singapura dan Australia tidak lama lagi akan diperkuat pesawat tempur dari generasi kelima seperti J-20 dan F-35. Sebagai penyeimbang Su-35 adalah pesawat tempur yang tepat dan cepat yang bisa dijadikan pilihan bagi Indonesia.

Pembelian Su-35, bukan hanya menguntungkan Indonesia dari kemampuan tempur dan manuvernya yang mumpuni, pembelian tersebut juga menguntungkan Angkatan Udara Indonesia dari segi pengenalan teknologi pesawat tempur tercanggih dan modern.

Tags: